Saturday, March 31, 2018

Buku Kopi : The Marley Coffee Cookbook (One Love, Many Coffees and 100 Recipes)


teks dan foto : raihan lubis

Buku masak berbahan kopi yang memuat seratus resep. Mulai dari resep-resep yang mengolah protein hewani yang dipadukan bersaana kopi sampai resep buat vegan. Buku yang memuat resep  menu main course sampai desert.



Buku ini secara tidak sengaja kutemukan di rak buku-buku tentang kopi di salah satu toko buku di kawasan Kuningan, Jakarta. Membaca isi, melihat covernya yang hardcopy dan sungguh vintage plus penulisnya akupun langsung jatuh cinta.

Buku yang merupakan edisi perdana ini ditulis oleh Rohan Marley -yang merupakan anak Bob Marley- bersama dua rekannya, chef Maxcel HArdy III dan Rosemary Black. Mereka mencipta 100 resep masakan. Tidak hanya resep masakan yang dapat ditemukan di buku setebal 298 halaman ini, tetapi juga kenangan-kenangan Rohan tentang ayahnya. Dari kenangan-kenangan ini kita akhirnya tahu bahwa mereka sebenarnya berasal dari keluarga petani. Dan Bob Marley sendiri ternyata menyimpan hasrat untuk kembali berprofesi seperti leluhurnya - menjadi petani. Sayangya, hasrat tersebut tak pernah terwujud.

Resep yang kusukai dan sepertinya lezat pancake ubi jalar dengan saus pecan coffee. Tapi sepertinya semua resep akan dicoba mengingat semua resep sungguhlah lezatnya. Misalnya samon makar dengan saus kecap, taco yang dicampur dengan kecap.

Para pecinta kopi, mari kita memasak 💃

No comments:

Post a Comment